Alfamart Tawarkan Kemitraan Dengan Umkm

Alfamart Tawarkan Kemitraan Dengan Umkm

Dengan syarat dasar kelayakan usaha, UKM dituntut melakukan pembenahan laporan keuangan, administrasi, manajemen, dan peningkatan kinerja bisnis. Modal kerja merupakan modal yang diperlukan untuk membiayai pengeluaran produksi atau kegiatan operasional usaha. Dalam buku bertajuk ‘Cerdas Mendapatkan dan Mengelola Modal Usaha’ yang ditulis Sari Juliasty, Modal usaha memiliki tiga bentuk berbeda, yakni modal awal pertama kali membuka usaha, modal untuk mengembangkan usaha, dan modal untuk menjalankan usaha sehari-hari. Modal usaha bisa didapat baik dari perbankan, lembaga keuangan non-bank, maupun investor besar.

Menyerahkan agunan kredit berupa bukti laporan arus kas atau agunan aset fisik, untuk meningkatkan keyakinan pihak peminjam. Peminjam menunjukkan rekam jejak keuangan UKM melalui laporan keuangan dan laporan rekening transaksi setidaknya dalam three bulan terakhir. Tambahan modal juga dibutuhkan untuk menjaga arus kas, membayar gaji karyawan atau membayar sewa tempat. Perusahaan investasi umumnya dibentuk oleh sekelompok individu yang menginvestasikan dana mereka ke dalam perusahaan. Tak hanya berasal dari individu, dana juga dapat bersumber dari perusahaan asuransi, dana pensiun, atau yayasan tertentu.

Ia mengatakan tidak berani memasarkan produknya jika belum ada nomor izin edar Badan POM. Ia pun juga mengajak kepada para pelaku usaha UMKM lainnya untuk mau dan harus bisa bersertifikat Badan POM. Bisnis digital atau e-commerce yang dapat dilakukan untuk mendukung UKM salah satunya dengan melakukan promosi dan penjualan melalui aplikasi cellular. Kini, untuk membuat aplikasi tersebut tidak harus melulu dengan harga mahal.

Membuat sebuah fasilitas untuk mendukung UMKM

Pasar ASEAN sebesar 600 juta dengan jumlah kelas menengah ASEAN berjumlah 24 persen pada 2010 akan meningkat menjadi 65 persen pada 2030 . UMKM juga menempati bagian terbesar dari seluruh aktivitas ekonomi rakyat Indonesia.Dan sudah terbukti bahwa UMKM tahan dari terpaan krisis ekonomi karena tidak memiliki utang luar negeri dan berorientasi ekspor. Kedua, penempatan dana pemerintah di financial institution umum untuk restrukturisasi kredit sebesar Rp78,7 triliun.

Modul yang diberikan akan dikaitkan dengan CEISA (Customs-Excise Information and Automation), yaitu sistem teknologi dan informasi yang tersentralisasi milik Bea Cukai untuk fasilitas KITE. Adapun pada sektor pertanian, BNI berkolaborasi dengan PT Agri Tekno Karya pemilik Aplikasi HARA. Kerja sama ini memungkinkan dilakukannya digitalisasi ekosistem bisnis petani dan pengembangan konsep Rumah Tani Indonesia. [newline]“Konsep Rumah Nelayan dan Rumah Tani Indonesia adalah untuk mengembangkan value chain ecosystem base yang berfungsi sebagai penyedia knowledge digital nelayan dan petani dan pusat transaksi untuk memenuhi semua kebutuhannya,” jelasnya. Bank Mandiri misalnya, memiliki Program Kemitraan Mandiri, yang berupa pinjaman untuk kebutuhan modal kerja atau investasi yang diberikan kepada calon Mitra Binaan Mandiri yang layak tetapi belum bankable. Berikut ini fasilitas dari pemerintah yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah modal usaha atau mencari lokasi bisnis yang tepat. Para agen bisa mendapatkan bantuan pinjaman tersebut melalui aplikasi DigiPos, platform yang memungkinkan para agen untuk membeli produk-produk Telkomsel di mana saja dan kapan saja dengan mudah.

Denny menambahkan QRIS lebih efesien dan aman, karena setelah transaksi uang bisa masuk secara langsung ke rekening pedagang. Artinya mereka sudah tidak perlu datang lagi ke bank untuk setor uang tunai lagi, karena uang masuk secara otomatis dan juga dapat mengetahui riwayat dari transaksinya. “Banyak pelaku UMKM yang dilibatkan. Salah satunya untuk tujuan mendorong ekonomi Papua lewat occasion PON XX,” pungkasnya.

Dalam rangka meningkatkan kontribusi dan peran LIPI, khususnya dalam membatu para pelaku UMKM. LIPI menyelenggarakan webinar dengan tema “Inovasi dan Teknologi Solusi Kebangkitan UMKM di tengah Pandemi Covid-19” dengan peserta umum khususnya para pelaku UMKM. Webinar ini diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM mendapatkan motivasi dan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi serta mampu bangkit di tengah pandemi. Yan Rianto, Kepala Pusat Pemanfaatan dan Inovasi LIPI mengungkapkan bahwa perluasan kerja sama dengan berbagai pihak harus terus dilakukan untuk menjaga produktivitas UMKM. “LIPI berupaya mendukung UMKM dalam peningkatan kualitas dan pemasaran produk dengan memperluas kerjasama dengan berbagai pihak dan mengadakan pertemuan serta diskusi rutin secara online untuk tetap menjaga produktivitas UMKM,” ucap Yan.

Namun, pemilik bisnis UKM harus menyadari bahwa dana yang dikeluarkan untuk investasi di bidang teknologi informasi mampu membuat pengelolaan usaha kecil menengah semakin mudah, efektif, dan efisien sehingga dapat meningkatkan keuntungan. Program Kredit Usaha Rakyat adalah salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan. Program KUR dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM. Setyanto kemudian menutup dengan kembali menekankan komitmen Telkomsel untuk terus memberdayakan segmen UMKM dengan berbagai solusi dan layanan digital dari Telkomsel. “Telkomsel berkomitmen untuk terus secara konsisten memberikan dukungan bagi perkembangan bisnis segmen UMKM dengan berbagai solusi dan layanan digital yang sesuai dengan kebutuhan pelaku UMKM.

Bintari Saptanti, seorang pelaku usaha produsen pangan olahan bakmi basah dalam kemasan mengakui kemudahan yang telah difasilitasi oleh Badan POM dalam pengurusan izin edar produknya. “Saya hanya membayar 300 ribu rupiah saja dan banyak dibantu oleh Badan POM dalam hal memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan,” ujarnya di sela-sela desk consultation yang dilakukan beriringan dengan kegiatan talkshow ini. Di saat yang cukup sulit ini Agung Sedayu Group khususnya di kawasan Golf Island bersama UMKM bersama-sama berkolaborasi membuat sebuah program servis layanan go digital dengan membuat pesanan dari aplikasi whatsapp. Inisiatif ini dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam usaha mengurangi peningkatan kasus Covid 19. Potensi pengembangan industri nasional mendorong Indonesia sebagai production base di kawasan ASEAN dengan ditopang pasar domestik yang besar, penduduk usia muda , investasi yang meningkat, dan sumber daya alam yang besar. Perdagangan Intra-ASEAN cenderung meningkat, tetapi porsinya masih relatif kecil, yaitu 25 persen.

Comments are closed.