Hikmah Pandemi Di Jabar

Hikmah Pandemi Di Jabar

Indonesia sebagai negara hukum, berarti segala aspek kehidupan dalam bidang kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan termasuk pemerintahan harus berdasar atas hukum yang sesuai dengan sistem hukum nasional. Sistem hukum nasional merupakan hukum yang berlaku di Indonesia dengan semua elemennya yang saling menunjang satu dengan yang lain dalam rangka mengatasi permasalahan yang timbul dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan adanya wabah virus corona ini kita dilarang untuk melakukan kontak fisik baik itu salaman dan sebagainya. Dan bahkan pemerintah menganjurkan untuk menjaga jarak sejauh 1 meter.

Dalam hal ini, guru lebih persuasifkarena membuat peserta didik semakin tertarik dengan materi yang diberikan oleh guru melalui video kreatif tersebut. Peserta didik tentu akan dapat memahami apa yang dijelaskan oleh guru melalui video kreatif yang dibuat oleh guru tersebut. Sehingga dengan adanya penerapan model pembelajaran di rumah ini, membuat siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran secara online. Selanjutnya, 2020 mengajarkan kita sebagai makhluk sosial untuk saling tolong menolong dengan sesama.

Sebuah hal yang bisa kita ambil hikmahnya

Dan kita sebagai umat Islam wajib untuk berpikir dan mengambil hikmah yang terjadi dan hikmah yang tersembunyi dibalik adanya segala sesuatu hal, baik itu yang bersifat terang-terangan atau segala hal yang bersifat tersembunyi. Hikmah adalah suatu proses yang telah dilalui seseorang dalam hal agama ataupun dalam kehidupan sehari-harinya. Ketika orang tersebut sedang dalam fase quarter life disaster, maka hikmah yang kita peroleh adalah akan dapat mengajarkan kita arti kedewasaan dalam mengambil sikap. Pada hakikatnya hubungan manusia dengan manusia adalah hubungan kemitraan. Dalam situasi wabah Covid-19 yang tiada kepastian kapan berakhirnya seperti saat ini, kita memang harus sabar.

Karena kita tidak hidup abadi di dunia ini, akan ada saatnya kita kembali mengadapnya. Kita sebagai umat muslim, harus meyakini bahwa pandemi Covid-19 ini merupakan ujian dan cobaan dari Allah SWT. Artinya kita harus bersabar, terus berikhtiar dan terus berdoa agar selalu terlindungi dari berbagai macam penyakit dan bencana lainnya. Karena biar bagaimanapun Allah menciptakan segala sesuatu di muka bumi ini atas kehendak dan takdirnya. Dan kita sebagai ummat-Nya yang beriman harus mensyukuri atas nikmat-Nya.

Ada pula anak-anak yang harus naik bukit dulu untuk mendapatkan sinyal. Di tempat ada ada keluarga-keluarga yang menyediakan temat dan akses wifi gratis bagi anak-anak tetangganya agar bisa belajar dan mengerjakan tugas-tugas sekolahnya secara daring. Pengembangan diri untuk belajar lagi tentang digital dan dunia teknologi sehingga bisa mengajarkan kepada peserta didik.

Comments are closed.