Hikmah Pandemi Covid

Hikmah Pandemi Covid

Kedua, nilai important yaitu segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk mengadakan kegiatan atau aktivitas. Ketiga, nilai kerokhanian yaitu segala sesuatu yang berguna bagi rohani manusia. Notonagoro berpendapat bahwa nilai-nilai Pancasila tergolong nilai-nilai kerokhanian yang mengakui adanya nilai material dan nilai vital. Dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan perwujudan dari asas perikemanusiaan dalam hukum positif Indonesia dalam kehidupan sehari-hari hal ini terlihat pada lembaga-lembaga yang didirikan untuk menampung segala yang tidak seimbang dalam kehidupan sosial. Awal penciptaan alam semesta yang mengambarkan keterkaitan gravitasi, waktu dan air. Kemudian alam meluas yang dibuktikan dengan bintang-bintang bergerak menjauh melalui perekaman pergeseran spektrum biru ke arah spektrum merah karena gravitasi melemah akibat bintang-bintang mengkonversi massa menjadi energi.

Sang ibu dengan kondisinya yang sudah tua dan Kesehatan yang menurun, memiliki kelemahan tidak dapat melakukan buang hajat pada tempatnya dengan benar setiap harinya, sehingga tentu ini menambah beban pekerjaan rumah sang istri. Sang istri lalu berkeluh kesah kepada suaminya untuk dapat menitipkan sang ibu ke kakak iparnya, namun usulan tersebut di tolak suami dan meminta istrinya untuk dapat bersabar dan ikhlas merawat mertuanya tersebut. Dalam kehidupan manusia selalu ada banyak pelajaran yang bisa diambil hikmahnya. Ada juga yang tersembunyi dan harus ditelaah lebih dalam untuk dapat mengetahui makna yang terkandung di dalamnya. Keduanya sama-sama memberikan pelajaran tentang kehidupan agar Anda bisa menjalani hidup dengan lebih baik.

Membaca sebagai suatu proses pencapaian ilmu pengetahuan sudah barang tentu memerlukan bahan bacaan dan tempat untuk mengumpulkan bahan bacaan. Dalam konteks ini, segenap kosmos, baik alam mikro maupun alam makro, kesemuanya merupakan ruang baca, dan perpustakaan raksasa yang sarat akan ilmu pengetahuan. Kaum muslim mengembangkan berbagai ilmu pengetahuan, baik yang bersifat kenabian maupun rasional, yang juga pernah dikembangkan oleh umat-umat sebelumnya. Tapi mereka, orang-orang muslim itu memiliki keunggulan dengan ilmu pengetahuan yang tidak dipunyai oleh umat-umat yang lain.

Tidak hanya masalah kesiapan infrastruktur dan peralatan kesehatan yang tidak cukup. Tetapi dari sisi edukasi ke masyarakat dan sistem pengambilan keputusan yang cepat dan tepat juga menunjukkan ketidaksiapan. Kelangkaan Alat Pelindung Diri bagi tenaga kesehatan, laboratorium pengujian yang terbatas, kesadaran masyarakat yang masih rendah, information yang tidak sinkron seolah menjadi informasi dan bahan perdebatan sehari-hari. Dari sini kita bisa bermuhasabah diri ternyata pembelajaran daring ini tidak melulu hanya masalah teknologi.

Melalui situasi saat ini, untuk kali pertamanya guru-guru melakukan pembelajaran melalui daring. Terakhir komunikasi antara guru dan orang tua harus terus terjaga agar orang tua memiliki masukan positif untuk menghadapi anak-anak saat belajar dirumah. Selain itu mereka memberikan suggestions agar anak tetap bahagia dirumah selama wabah COVID-19 yaitu dengan tetap memberikan waktu bermain.

Dalam bidang pendidikan, kita semua baik peserta didik, orang tua maupun guru bersama-sama ‘dipaksa’ untuk secara cepat beradaptasi dengan cara-cara pembelajaran yang berbeda dengan sebelum masa pandemi. Kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah untuk sementara waktu ditiadakan, digantikan dengan pembelajaran jarak jauh. Sepanjang masa tersebut kita disuguhi berbagai kisah inspiratif dan menyentuh terkait upaya guru, orang tua serta murid dalam mengatasi kendala pembelajaran jarak jauh. Akibat dari pandemi covid-19 ini, menyebabkan diterapkannya berbagai kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Upaya tersebut ditujukan kepada masyarakat agar dapat dilakukan untuk memutus rantai penyebaran pandemi covid-19 yang terjadi saat ini.

Dari kisah ini tentunya ada hikmah yang bisa kita ambil untuk dijadikan sebuah pelajaran. Salah satu dari sekian banyak penyebab bencana adalah dilanggarnya sunnatullah. Maka kesimpulannya, tidak mentang-mentang suatu negeri banyak orang kafir dan dosanya, lantas segera dimusnahkan Allah.

Sebuah hal yang bisa kita ambil hikmahnya

Seperti halnya mendapatkan makanan dan minuman dari cara yang haram seperti mencuri atau mengkonsumsinya secara berlebihan. Berdasarkan hal demikian, makanan dan minuman haram akan memberikan dampak pada hati serta akal yang tidak sehat. Oleh karena itu, untuk menjaga hati serta akal sehat kita harus senantiasa mengkonsumsi makanan dan minuman halal, baik secara zatnya, cara mendapatkannya maupun cara mengkonsumsinya. Dengan hati serta akal yang sehat, maka kita akan selalu terjaga dari perbuatan yang dapat menimbulkan dosa. Salah satu pentingnya mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal adalah karena makanan dan minuman yang halal itu baik dan bermanfaat bagi tubuh yang mengkonsumsinya.

Dalam negara hukum Pancasila tidak boleh terjadi pemisahan antara agama dan negara, karena hal itu akan bertentangan dengan Pancasila. Terdapat dua nilai mendasar, yaitu pertama, kebebasan beragama harus mengacu pada makna yang positif sehingga pengingkaran terhadap Tuhan Yang Maha Esa tidak dibenarkan; kedua, ada hubungan yang erat antara agama dan negara. Pandangan para pendiri negara tersebut, menunjukkan ide rechtsstaat mempunyai pengaruh yang cukup besar dan di sisi lain ada kecenderungan nasional untuk merumuskan suatu konsep negara hukum yang khas Indonesia. Ide khas tersebut terlontar dalam gagasan yang disebut dengan negara hukum Pancasila atau negara hukum berdasarkan Pancasila.

Comments are closed.