Manajemen Organisasi

Manajemen Organisasi

Yang siswa merasakan bahwa pekerjaannya mendapat perhatian dari gurunya. Sepanjang hari pertama PPDB DKI, orang tua kesulitan mendaftarkan akun secara online. Para operator pelayaran mulai mengembangkan rute dari dan menuju Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. Pengangkutan logistik dan orang digenjot untuk meningkatkan fungsi pelabuhan khusus ekspor kendaraan bermotor tersebut. Tes wawasan kebangsaan untuk pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi sangat tidak sahih karena melecehkan perempuan, sementara simbol negara Pancasila dan bendera Merah Putih menyiratkan penghormatan yang tinggi terhadap perempuan.

Pengontrolan usaha

Fungsi perngorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan. Fungsi perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut. Uang merupakan unsur manajemen yang sangat berpengaruh karena hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah yang beredar di suatu perusahaan.

Laporan ini berguna untuk memberikan informasi keadaan keuangan perusahaan. Budgeting merupakan kegiatan mengalokasikan dana untuk semua keperluan perusahaan. Alokasi ini harus dilakukan seminimal mungkin dan memaksimalkan anggaran yang ada. Oleh karena itu, manajer perlu melakukan perubahan dalam organisasi sesuai dengan perubahan lingkungan. Penjadwalan ” Scheduling” seorang manajer proyek harus bertanggung jawab atas penjadwalan seluruh kegiatan suatu proyek.

Rangkaian aktifitas ini dinamakan proses manajemen, sedangkan orang yang memimpin dan mengatur proses manajemen disebut manajer. Menurut Ricky W. Griffin, pengertian manajemen adalah sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses kordinasi, dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Manajemen yang baik haruslah berperan sesuai dengan situasi dan kondisi pada perusahaan atau organisasi. Menajemen yang tidak bisa menjalankan peran sesuai tuntutan perusahaan dapat membawa kegagalan.

Laporan keuangan dibuat dengan tujuan mengetahui keluar masuknya uang dan dapat mengetahui untung dan rugi usaha yang sedang berjalan. Keputusan yang tepat yang dilakukan manajer keuangan akan berpengaruh terhadap resiko bisnis yang tidak pasti di setiap waktu. Manajemen yang efisien akan memotivasi setiap individu dalam organisasi untuk secara suka rela turut melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi organisasi, tetapi juga peningkatan nilai dan kinerja individu di dalam organisasi tersebut. Efektif berarti tujuan dapat tercapai sesuai rencana, sedangkan efisien artinya tugas dijalankan dengan benar, teroganisir, dan selesai sesuai jadwal.

Tugas manajemen keuangan bukan hanya mengawasi keuangan, tetapi juga melihat aktivitas anggaran dana yang tidak menguntungkan bagi perusahaan yang dapat dihilangkan dan diganti dengan aktivitas yang lebih menguntungkan perusahaan. Setiap manajer akan berupaya untuk meningkatkan produktivitas, serta mengurangi biaya dan penggunaan sumber daya. Hal ini bertujuan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas kerja suatu organisasi. Pengorganisasian secara lebih gampang dapat dilaksanakan dengan menentukan apa tugas yang dikerjakan, siapa yang mengerjakan dan bagaimana harus dikerjakan.

Comments are closed.