Mengenal Kepemimpinan Dan Mannequin Kepemimpinan

Mengenal Kepemimpinan Dan Mannequin Kepemimpinan

“Para pemimpin memiliki kemampuan luar biasa untuk membawa kejelasan ke dalam situasi yang di mana tidak ada ,” kata dia. Pemimpin harus bisa berkomunikasi dengan jelas, profesional, dan terus-menerus. Ya, pemimpin tidak bisa hanya berkomunikasi untuk urusan terkait saja.

Sebuah watak menjadi pemimpin

Kepemimpinan strategis ini biasanya dibutuhkan dalam masa transisi sebuah organisasi atau perusahaan, dan diharapkan dapat membantu secara efektif dalam masa transisi tersebut. Dari beberapa gaya yang di tawarkan para ahli di atas, Kong4D Bet kecil, Berbayar besar uang tunai permainan Pragmatic Play, PGs, Joker maka gaya kepemimpinan situasionallah yang paling baru dan sering di gunakan pemimpin saat ini. Dalam hal ini pimpinan/ pemimpin perlu membuka komunikasi dua arah, yaitu untuk membantu bawahan dalam meningkatkan motivasi kerjanya.

Menurut Gen Ronald R. Fogleman menemukan bahwa pemimpin yang berintegritas menunjukkan sikap tulus dan konsisten, memiliki keteguhan hati dan karakter, dan merupakan seorang yang mampu bertahan sampai akhir. Baik atau buruknya langkah Anda dan tim Anda ke depannya bergantung pada choice yang Anda ambil. Oleh karena itu, seorang pemimpin perfect haruslah cerdas dalam menentukan strategi terbaik yang nantinya mampu memberikan hasil sesuai ekspektasi. Menjadi pemimpin itu tidak mudah dan setiap pemimpin masing-masing tidak akan mempunyai kesamaan, baik karakter pemimpin yang dimiliki, ataupun cara pemimpin dalam menjalankan ke-pemimpinannya.

Hal ini dilakukan tak lain untuk kesejahteraan anak cucu mereka kelak. Kendati dulunya jauh dari era digital, generasi child boomer rata-rata lebih mengandalkan sesuatu dengan cara konvensional. Namun tak sedikit juga dari mereka yang kini mulai akrab mengunakan gadget. Mereka yang tergolong generasi tradisionalis, terlahir pada zaman The Great Depression. Akibat krisis ekonomi global tadi, nenek moyang kita pun harus merasakan hidup dengan kondisi serba kekurangan. Selain itu, generasi tradisionalis juga merupakan saksi dari berbagai kejadian terbesar di muka bumi.

Menurut teori ini, ada karakteristik bawaan tertentu yang memengaruhi orang untuk menjadi seorang pemimpin. Beberapa percaya bahwa para pemimpin sejati dilahirkan secara alami, memiliki jiwa karismatik, berpengaruh, dan menginspirasi orang-orang yang ditakdirkan untuk menorehkan prestasi. Perdebatan mengenai pemimpin dilahirkan atau dibentuk tidak pernah ada habisnya. Berkarakter keras, juga memiliki sifat lembut, tidak tegaan dengan musibah yang dialami oleh orang lain, tegas, cerdas, sportif, dan kreatif. Seorang yg dipercaya menjadi pemimpin, hendaknya mengusahakan kemakmuran bagi rakyatnya & dalam segala tindakannya dapat membawa kesejukan & kewibawaan yg seperti bintang. Maknanya, seorang pemimpin haruslah kuat, tidak mudah goyah, berusaha menggunakan kemampuan untuk kebaikan rakyat, tidak mengumbar hawa nafsu, kuat hati & tidak suka berpura-pura.

Kepemimpinan pada dasarnya merupakan pola hubungan antara individu-individu yang menggunakan wewenang dan pengaruhnya terhadap kelompok orang agar bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan. Menanamkan kejujuran; Salah satu modal seorang pemimpin adalah kejujuran, karena pemimpin yang tidak jujur dapat merusak sistem yang dipimpinnya. Mengajarkan kejujuran pada anak sebaiknya kita langsung memberikan contoh, misalnya dengan perilaku yang kita tampilkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai orang Orang tua adalah function model utama dalam pembentukan karakter seorang anak. Berani berpendapat atau beropini ; salah satu keterampilan seorang pemimpin adalah kemampuan menyatakan pendapatnya dan mempertahankan pendapat tersebut dengan argumen yang logis. Hal ini dapat dilatih dengan memberikan pertanyaan sederhana seperti “apa yang mendorongmu melakukan hal itu? ” Selain mengajarkan anak untuk berani berpendapat, kita juga harus mengajarkan anak untuk berbesar hati ketika pendapatnya ditolak.

Untuk itu, hendaknya berbicara dengan jelas dan sederhana dengan kalimat yang jelas, positif dan langsung. Pemimpin cenderung mendorong individu atau kelompok untuk saling berbagi ide. Ketika para anggotanya merasa percaya diri dalam melakukan pekerjaan, pemimpin hanya mengarahkan dan membantu anggotanya. Kondisi dimana pemimpin hanya memberikan instruksi yang jelas serta mengawasi pekerjaan langsung dari pengikut/anggota. Pemimpin biasanya tidak melibatkan diri dalam proses pengerjaan tugas, sehingga hanya terjalin komunikasi satu arah.

Sehingga di era reformasi yang dinamis ini mengharuskan kita melakukan perubahan mengenai makna kepemimpinan. Sehingga jangan sampai terjadi kegamangan dalam memilih tipe pemimpin-pemimpin yang tepat untuk negeri yang tercinta, terutama di Aceh sebagai Negeri Syariat Islam. JAKARTA, KOMPAS.com – CEO Microsoft, Satya Nadella mengaku memiliki sejumlah kriteria yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi pemimpin yang baik. Sebagaimana telah disebutkan di awal, pemimpin yang baik dihasilkan dari proses yang panjang dan penuh konsistensi. Mulailah proses itu sekarang juga dengan memerhatikan 5 kriteria yang telah dipaparkan di atas, dan jangan lupa untuk konsisten dalam melakukannya.

Dan bila organisasi dapat mengidentifikasikan perilaku dan teknik-teknik kepemimpinan efektif, akan dicapai pengembangan efektifitas personalis dalam organisasi. Seorang pempimpin hendaknya memiliki sifat gunung yang teguh dan kokoh. Implementasinya adalah ia harus memiliki keteguhan-kekuatan fisik dan psikis.

Sedangkan, brata merupakan kosa kata baru dari bahasa Jawa kuno, yang berarti “laku”. Kata “laku” bisa juga disejajarkan dengan sikap, tindakan, atau sejenisnya. Merujuk Pardi Suratno dalam karyanya Sang Pemimpin Menurut Astabrata, Wulang Reh, Tripama, Dasa Darma Raja, istilah ‘astabrata’ berasal dari bahasa Jawa Kuno. Dalam hal ini hanyalah keturunan raja saja yang dapat menggantikan kedudukan ayah atau orang tuanya untuk memerintah sebagai seorang pimpinan. Sebaliknya jika orang tuanya bukan atau tidak pernah menjadi pemimpin, anak-anaknya dipandang tidak akan mampu menjadi pemimpin.

Comments are closed.